Langsung ke konten utama

CARA MENGETAHUI BESAR VOLUME OBJEK 3D DI AUTOCAD

Cara Cepat Menghitung Volume objek 3 dimensi di Autocad – Ketika anda inggin mengetahui berapa besar volume pada sebuah berdiri ruang maka anda akan menggunakan rumus-rumus yang pernah kita pelajari di sekolah , bahkan sejak kita masih menginjak sekolah dasarpun sudah diperkenalkan mengenai rumus tersebut. Ketika anda menghitung berdiri ruang misalnya sebuah kubus maka menghitung volume menggunakan cara tersebut akan sangat mudah , akan tetapi jikalau anda mengjumpai sebuah benda yang tidak rata dan anda harus menghitungnya , pasti akan sangat merepotkan dan memaksa otak kita berfikir ekstra keras jikalau menggunakan cara tersebut.

CARA MENGETAHUI BESAR VOLUME OBJEK 3D DI AUTOCAD

Bagi pengguna autocad , anda tiak perlu lagi pusing jikalau harus menghitung volume alasannya pihak autocad sudah menunjukkan akomodasi dengan menambahkan tool yang mampu anda gunakan untuk menghitung besar volume pada benda yang bentuknya beraturan maupun yang berbentuk tidak beraturan dan cara penggunaannya sangatlah mudah , karna anda hanya perlu melaksanakan beberapa langkah untuk menghitung volume benda dengan tepat. Adapun perintah yang digunakan untuk menghitug besar volume yaitu Measuregeom Volume.

Menghitung volume menggunakan Measuregeom di Autocad

Apabila anda pembaca setia KampusCAD pasti sudah tidak abnormal lagi dengan Measuregeom alasannya sebelumnya gua sudah membahas semua wacana measuregeom. Bagi anda yang belum mengetahui mengenai perintah Measuregeom di autocad , gua akan mengulas sedikit mengenai perintah tersebut.
Measuredeom command yaitu perintah yang digunakan untuk menghitung atau mengukur objek benda , baik yang berupa 2 dimensi mapun 3 dimensi. Perintah ini dibagi menjadi 5 alat pengukuran yaitu mengukur radius , panjang , luas dan volume. Kaprikornus perintah ini tidak hanya digunakan untuk menghitung volume saja.
Berikut yaitu tutorial cara cepat menghitung volume menggunakan measuregeom di autocad :
  • Buatlah benda / objek solid 3D , misalnya buatlah kubus menggunakan perintah box
  • Ketik Measuregeom lalu tekan enter
  • Kemudian pilih / ketikkan Volume lalu tekan enter
  • Berikutnya silahkan anda pilih metode Object yaitu dengan mengetik O lalu tekan enter
  • Klik objek solid yang sudah anda buat , maka akan muncul besar volume objek tersebut.


Akhir kata , bekerjsama ada beberapa cara lain yang mampu anda gunakan untuk menghitung besar volume di autocad menyerupai misalnya menggunakan Massprop , tetapi untuk pembahasan mnegenai perintah tersebut akan gua bahas di postingan berikutnya. Kaprikornus selalu follow terus KampusCAD biar ilmu autocad yang anda pelajari selalu fresh.


Demikian penjelasan mengenai cara cepat menghitung volume objek menggunakan Measuregeom di autocad , semoga mampu bermanfaat terutama buat anda yang masih mencar ilmu autocad pemula.

Catatan Tambahan :


  1. Untuk Autocad versi 2011 dan autocad versi sebelumnya maka akan munculkotak yang berisi keterangan volume
  2. Untuk versi autocad versi 2012 keatas maka anda perlu menekan tombol F2 untuk mengetahui volumenya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI OSNAP / OBJEK SNAP DI AUTOCAD LENGKAP

Fungsi dan Kegunaan Object SNAP Di Autocad - Dalam AutoCAD , object snap digunakan untuk membantu menentukan sebuah lokasi yang presisi pada objek kerja yang diikuti dikala anda menggunakan sebuah perintah. Contohnya: Anda dapat menggunakan object snaps sebagai alat bantu dikala ingin menseleksi sebuah garis dari titik sentra bundar ke titik tengah sebuah garis.  Dengan adanya osnap ini maka dikala akan memilih titik pada episode dari sebuah objek tidak perlu membuat garis bantu untuk menerima titik tersebut , sebab titik yang Anda pilih akan otomatis muncul. Fungsi Object Snap dan Macam-macam OSNAP Osnap memiliki banyak jenis-jenisnya yang dapat Anda gunakan menyesuaikan kebutuhan Anda ,  Berikut yakni macam-macam Object Snap di Autocad ( lihat gambar ) :.  Endpoint : untuk menangkap titik ujung yaitu  menempatkan tanda pada sudut dari sebuah objek garis , polyline atau arc. Midpoint : untuk menangkap titik tengah yaitu  menempatkan tanda di tengah-tengah objek g

CARA MENCETAK GAMBAR AUTOCAD DENGAN WARNA TERTENTU

Panduan Lengkap cara mencetak gambar autocad dengan pilihan warna tertentu  - Tutorial kali ini masih membahas seputar cara mencetak gambar di auocad , adapun yang akan dibahas ialah cara mencetak dengan pilihan warna tertentu yang akan mucul pada hasil cetakan alasannya secara umum , para pengguna autocad pasti mencetak dengan satu warna atau monochrome yaitu warna hitam.  Cara ini sangat cocok digunakan bagi anda yang menggambar dengan menggunakan bermacam-macam warna sesuai dengan pembagian part pada objek. Makara meskipun gambar pada autocad memiliki misalnya lima jenis warna yang berbeda , tetapi nantinya gambar hasil cetakan akan muncul dengan warna hitam ditambah warna yang anda pilih. Bila pada gambar autocad terdapat lima warna yaitu merah , kuning , hijau , biru dan ungu , apabila anda hanya Inggin memunculkan warna Hijau saja dan warna selain hijau akan muncul tanpa warna (warna hitam) pada hasil cetakan. Maka berikut ialah settingan Plot yang harus Anda lak

MERUBAH WARNA OBJEK GAMBAR DI AUTOCAD

KampusCAD – Merubah warna di Autocad , Penggunaan warna pada gambar akan sangat membantu anda dalam mengenali bagian-bagian pada gambar yang rumit dan hal ini sangat bermanfaat bila gambar yang anda buat akan diberikan ke orang lain misalnya Klien Anda. Bagi pengguna autocad pemula , hal ini mungkin menjadi sesuaitu hal yang belum diterapkan alasannya yakni kebanyakan masih menggunakan warna default yaitu By Layer , tapi aku menyarankan kepada pemula untuk menggunakan Warna yang berbeda disetiap bab gambar biar gambar yang dibuat lebih terlihat terperinci dan mudah dipahami.   Dipostingan kali ini aku akan menjelaskan aneka macam cara yang mampu anda gunakan untuk merubah warna objek , baik objek gambar yang sudah ada maupun objek gambar yang gres akan dibuat. Untuk menawarkan pilihan dan pengetahuan secara dalam wacana menawarkan warna objek gambar ada 2 pilihan yaitu memberi warna dikala objek gamber belum terbentuk / objek gres dan memberi warna objek gambar yang sudah dibuat